Tentang Kami

Bersama Kita Selamatkan Generasi Emas

Karena setiap anak merupakan calon penerus bangsa

Apa itu Gerakan Emas?

GERAKAN EMAS adalah sebuah ikhtiar pembagian makanan bernutrisi dan bergizi tinggi untuk anak-anak dan ibu-ibu yang sedang hamil dan menyusui. Targetnya adalah kelak anak-anak yang sedang dalam kandungan dan dalam tahap tumbuh-kembang bisa menjadi GENERASI EMAS di tahun 2030.
Target sasaran GERAKAN EMAS ini adalah ibu-ibu (hamil dan menyusui) dan anak-anak dari keluarga tidak mampu di rentang usia maksimal 8 tahun. Bantuan yang akan diberikan kepada mereka adalah jus kacang ijo dan susu.
Dalam jangka pendek, diharapakan anak-anak yang mendapat bantuan asupan gizi yang cukup akan menjadi anak yang terbebas dari stunting (penyakit kekurangan gizi yang bisa menghambat pertumbuhan fisik dan mental anak). Dalam jangka panjang, setidaknya di tahun 2030, anak-anak ini bisa menjadi bagian dari GENERASI EMAS Indonesia.
Tahun 2030 Indonesia akan menerima bonus demografi berupa meladaknya angka usia produktif. Bila mereka yang berusia produktif dalam kondisi ideal secara fisik dan mental, Indonesia akan akan kedulitan bersaing dengan bangsa lain.
Rangking Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau yang secara internasional disebut dengan Human Developmnet Index (HDI) Indonesia tiga tahun belakangan terus merosot. Berturut-turut ranking HDI Indonesia berada di peringkat 110, 113 dan 116. Ini jelas kegagalan pemerintah dalam meningkatkan kualitas rakyat Indonesia seutuhnya.
Untuk itulah GERAKAN EMAS mencoba hadir dengan program pembagian jus kacang ijo dan susu untuk mendorong lahirnya GENERASI EMAS Indonesia.

Kiprah Gerakan Emas

GERAKAN EMAS adalah kolaborasi antara donator, aktivis sosial dan tenaga kesehatan (khususnya bidan) dalam ikut mewujudkan lahir dan berkembangnya GENERASI EMAS Indonesia.
Donatur akan memberikan bantuan berupa dana yang dikonversi menjadi jus kacang ijo dan susu dalam termin waktu tertentu. Sedang tenaga medis berugas menyalurkan bantuan kepada yang berhak menerima. Selain itu tenaga medis juga berperan untuk memberi informasi mengenai pentingnya asupan makanan bergizi dan mencatat perkembangan penerima bantuan.
Sementara aktivis sosial berperan meng-advokasi kebutuhan penerima bantuan, membuka jaringan donator dan membuka diri berkolaborasi dengan aktivits sosial bidang non-kesehatan untuk sama-sama mewujudkan lahirnya GENERASI EMAS Indonesia.

Siapa Penerima Manfaatnya?

GERAKAN EMAS menyasar ibu-ibu dari golongan kurang mampu yang sedang hamil dan menyusui. Untuk kalangan anak-anak, gerakan ini menyasar anak-anak usia 0-8 tahun.
Bila dalam rentang usia anak 0-3 tahun, seorang anak masih disusui maka bantuan akan diberikan kepada ibu yang sedang menyusui. Bila anak sudah lepas dari asupan ASI ibu, maka anak-anak akan menerima bantuan berupa jus kacang ijo dan susu.
Diharapkan, dengan asupan gizi yang cukup akan lahir GENERASI EMAS Inonesia yang sehat, cerdas dan kreatif.