Tentang Gerakan Emas

Gerakan Emas

Menyelamatkan Generasi Emas Indonesia 2030 dari ancaman stunting

Gerakan Emas merupakan sebuah gerakan sosial dari masyarakat. Menyelamatkan Generasi Emas Indonesia 2030 dari ancaman stunting, yang saat ini 1 dari 3 balita menderita stunting.

Menyelamatkan Generasi Emas akan menjadi tugas kita semua, bersama memutus lingkaran setan sumber kemiskinan, memperbaiki perekonomian rakyat di segala bidang, pendidikan, memperluas lapangan pekerjaan dan membebaskan Indonesia dari masalah stunting.

Dalam upaya lepas dari problem stunting ini juga Gerakan Emas dapat dimaknai sebagai Gerakan Emak dan Anak Minum Susu. Meningkatkan gizi dan kualitas manusia Indonesia melengkapinya dengan susu sapi dan kambing etawa. Ini bukan sebuah hal baru. ‘Gerakan Emak dan Anak Minum Susu’ ini memang harus digalakkan untuk memperbaiki gizi bangsa Indonesia yang memang pada kenyataannya cukup buruk.

“Tak ada pilihan lain, perempuan Indonesia atau para emak-emak, mengambil posisi di depan untuk memerangi kemiskinan dan memperjuangkan pendidikan dan perbaikan gizi anak Indonesia”, tegas Nur Asia Uno yang didapuk mengkoordinir Gerakan Emas, para emak-emak dan anak untuk minum susu.

Sebagai gerakan masyarakat yang mendukung ide dan program perbaikan gizi, sementara ini akan digalang bantuan berupa kacang hijau setiap hari minimal 3 (tiga) bulan untuk ibu hamil stunting dan ibu menyusui stunting oleh masyarakat untuk masyarakat. Sementara untuk balita stunting usia 2 sampai dengan 8 tahun memperoleh bantuan masyarakat berupa sebotol susu setiap hari selama minimal 3 (tiga) bulan.

Penggalangan bantuan akan dilakukan melalui aplikasi yang disalurkan kepada ibu dan balita stunting melalui bidan yang menangani mereka. Pengelolaan aplikasi dilakukan oleh relawan “Gerakan Emas”.

“Paling tidak, keluarga para petani di pedesaan secara perlahan dengan kegotong-royongan dan kepedulian masyarakat dapat memiliki kemampuan yang mandiri untuk meningkatkan kesehatannya,” tegas Nur Asia dengan lembut gaya emak-emak.