Menjadi Pejuang

Mari Jadi Bagian Dari Pejuang Emas

Tahun 2030, Indonesia akan menerima bonus demografi luar biasa berupa dominannya jumlah penduduk usia produktif. Mereka yang saat ini berada di usia 7-8 tahun akan berusia 19 hingga 20 tahun dan Mereka yang saat ini sedang dalam kandungan hingga usia 3 tahun, kelak akan berusia 12-15 tahun.

Mereka ini akan menjadi tulang punggung Indonesia di era 2030 dan sesudahnya.

Tantangan kehidupan global makin berat di tahun-tahun mendatang. Hanya GENERASI EMAS saja yang bisa bersaing di era itu. Apa sih GENERASI EMAS itu? Secara sederhana, syarat minimal menjadi GENERASI EMAS adalah anak tercukupi asupan gizinya. Itu dasarnya.

Selebihnya, tentu saja terkait dengan sistem pendidikan, ekosistem kewirausahaan dan aturan-aturan yang mendukung bagi perkembangan masyarakat untuk bisa bersaing secara global. Tapi ketiga hal tersebut lebih banyak tergantung pada elit politik pemerintahan. Sedangkan asupan gizi masyarakat, meski menjadi domain pemerintah, memunculkan lubang besar yang harus diisi oleh partisipasi publik. Bahasa jadul-nya “gotong royong”.

Masyarakat Indonesia bukan saja jauh dari asupan gizi ideal, bahkan sebagian terserang gejala stunting. Satu dari 3 anak yang lahir di Indonesia lahir dalam keadaaan kurang berat badan dan tinggi badan normal. Itu ciri-ciri anak kena stunting. Mereka kekurangan asupan gizi dalam jangka waktu yang lama, sejak mereka dalam kandungan.

Dari semua data yang ada, stunting ini umumnya menyerang masyarakat dengan kelas sosial-ekonomi rendah. Mereka kesulitan mencukupi kebutuhan asupan gizi ideal, karena memang pendapatan mereka tidak memadai. Ada juga faktor pendidikan.

Bila angka stunting tidak diturunkan, impian Indonesia tahun 2030 akan muncul generasi emas adalah impian di siang bolong. Karen stunting ini akan mengakibatkan lemahnya fisik, menurunnya IQ, penurunan kesehatan jiwa. Semua itu akan menghambat lahirnya generasi emas yang akan jadi tulang punggung Indonesia di tahun 2030 dan setelahnya.

Nah, karena itulah kami membentuk komunitas GERAKAN EMAS. Sebuah komunitas cair yang berisi orang-orang yang peduli untuk memfasilitasi bantuan untuk mereka yang terancam kena stunting. Kami terdiri dari para aktivis kesehatan (bidan, dokter, perawat), aktivis sosial dan donatur. Inilah komunitas yang disebut PEJUANG EMAS. Ya, kenapa kami sebut PEJUANG EMAS, karena tugas kami adalah berikhtiar melahirkan dan mengembangkan GENERASI EMAS Indonesia!

Siapapun Anda, akan kami terima dengan tangan terbuka jika ingin menjadi bagian dari GERAKAN EMAS.