Apa Itu Generasi Emas

Generasi Emas Indonesia

Generasi Emas Indonesia

Indonesia diprediksi akan menerima bonus demografi pada tahun 2020-2030. Bonus demografi berupa jumlah warga negara Indonesia berusia produktif ; yakni 15-64 tahun, akan mencapai angka 70%. Pada jaman keemasan itu Indonesia memiliki kesempatan melakukan percepatan dalam berbagai sektor akan sangat besar terutama pada sektor ekonomi. Bermacam-macam persiapan dalam menyambut bonus demografi juga telah banyak dilakukan, termasuk mempersiapkan generasi yang diharapkan akan mampu memikul tantangan kemajuan pada masa itu.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya raya, di dalam tanah, di atas tanah, di dalam lautan, segalanya bisa menjadi kekayaan. Maka tentu menjadi pertanyaan besar jika rakyat Indonesia belum menjadi makmur kehidupannya. Salah satu faktor utamamungkin belum hadirnya sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengelola harta kekayaan Indonesia secara tepat. Tetapi, generasi seperti apa sebenarnya yang kita cita-citakan untuk mengemban amanah tersebut? 

Generasi emas. Usia produktif 15-64 tahun yang memiliki 8 karakter bangsa yakni religius, bermoral, sehat, cerdas dan kreatif, kerja keras, disiplin dan tertib, mandiri dan bermanfaat.